Ternyata Jumlah Tentara AS Yang Tewas Bunuh Diri di 2018 Capai Rekor Tertinggi

Iklan Semua Halaman

DUNIA ISLAM

Ternyata Jumlah Tentara AS Yang Tewas Bunuh Diri di 2018 Capai Rekor Tertinggi

Sabtu, 02 Februari 2019

Washington – Tingkat bunuh diri di jajaran prajurit AS mencapai rekor tertinggi sepanjang 2018, menurut data yang dihimpun portal Bussiness Insider dan dilansir Sky News Arabia pada Kamis (31/01). Angka ini memunculkan kekhawatiran baru kasus tersebut semakin bertambah pada tahun ini.

Menurut portal AS tersebut, sedikitnya 286 prajurit AS mengakhiri hidup mereka dengan cara bunuh diri pada 2018. Jumlah ini tidak termasuk yang bunuh diri pada kuartal terakhir tahun lalu.

Jumlah tentara AS yang bunuh diri di sembilan bulan pertama 2018 saja sudah melebihi jumlah tentara yang tewas dengan cara serupa dalam enam tahun terakhir.

Daftar korban bunuh diri di militer AS termasuk 57 infantri, 68 angkatan laut dan 58 personil angkatan udara, serta 103 tentara.

Jumlah tentara AS yang bunuh diri pada sembilan bulan pertama sudah melampaui jumlah pada korban sepanjang 2017. Hal ini menegaskan bahwa tentara mati dengan cara mengenaskan itu di 2018 melonjak tajam.

Bunuh diri adalah salah satu masalah mengkhawatirkan dari Departemen Pertahanan AS. Beberapa program telah diluncurkan untuk melindungi mental militer, tetapi efeknya masih sangat terbatas.

Dalam pidatonya baru-baru ini kepada prajurit infanteri, Jenderal Robert Neller meminta elemen-elemen militer untuk berpikir jernih dan tidak menutup diri. Kedua hal itu menjadi masalah serius yang banyak membawa prajurit bunuh diri.[kiblat]