Pengadilan Eropa: Menghina Nabi Muhammad Bukanlah Kebebasan Berekspresi



Yayasan Integritas untuk Hak Asasi Manusia (Hayat Haq) telah menyatakan dukungannya atas keputusan Pengadilan Hak Asasi Manusia Eropa (ECHR), yang menganggap bahwa menghina Nabi Muhammad tidak termasuk dalam bentuk kebebasan berekspresi.

Hayat Haq mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa “keputusan Pengadilan Eropa memperkuat kebebasan dan hak keyakinan agama, salah satu pilar kebebasan dalam masyarakat demokratis yang diatur oleh hukum”.

Pada Kamis, 25 Oktober 2018, Pengadilan Hak Asasi Manusia Eropa memutuskan bahwa menghina Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak jatuh dalam kebebasan berekspresi. Pengadilan juga menyatakan bahwa hukuman pengadilan Austria untuk seorang wanita yang menghina Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bukan melanggar hak atas kebebasan berekspresi, atau Bab X Piagam Eropa tentang Hak Asasi Manusia.

Hayat Haq menjelaskan bahwa keputusan Pengadilan Eropa muncul dalam konteks mendorong perlindungan dan penghormatan terhadap perasaan religius umat Islam dan berfungsi untuk mempromosikan perdamaian masyarakat.

Lembaga itu juga mencatat bahwa Pengadilan Eropa telah menperjelas perbedaan antara hak atas kebebasan berekspresi dan apa yang dianggap sebagai pelanggaran hak dan penyalahgunaan perasaan keagamaan individu dan masyaraka”.

Keputusan Pengadilan Hak Asasi Manusia Eropa muncul dalam rangka mendukung keputusan pengadilan di Austria pada tahun 2009 terhadap seorang wanita Austria yang didenda € 480 (Rp8,34 juta) dalam kasus menghina Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam.[kiblat]

No comments

Isi komentar adalah tanggapan pribadi,tidak mewakili kebijakan kami. Admin berhak mengubah/menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah, pelecehan dan promosi. Setiap komentar yang diterbitkan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Copyright © . Lemahireng Info All Right Reserved - KabarIslam | Berita Panas | Info Cerdas | Viral News | Nasional Hot | Tips Sehat | Updatechno | Breaking .
Powered by Blogger.