Diam-Diam, Obama Beri Dana Bantuan Hampir Rp 3 Triliun ke Palestina. Untuk Apa..?

Lemahireng.info --- Departemen Luar Negeri Amerika Serikat meninjau kembali keputusan Barack Obama yang secara diam-diam memberikan US$ 221 juta atau setara Rp 2,95 triliun kepada Palestina beberapa jam sebelum lengser meski ditentang anggota kongres Partai Republik.

Diam-Diam, Obama Beri Dana Bantuan Hampir Rp 3 Triliun ke Palestina. Untuk Apa..?

Dilansir Independent hari ini, Deplu AS akan mempelajari keputusan itu dan membuat penyesuaian untuk memastikan agar hal tersebut tidak bertentangan dengan prioritas Presiden Donald Trump.

Mantan menteri luar negeri AS John Kerry memberitahu kongres bahwa pemerintah akan memberikan uang kepada Palestina pada Jumat pagi, hanya beberapa jam sebelum Trump dilantik.

Kongres menyetujui dana untuk Palestina tersebut dalam pembahasan anggaran 2015 dan 2016, tapi setidaknya ada dua anggota kongres Republik yakni Ed Royce dari komisi urusan luar negeri dan Kay Granger dari komisi alokasi, yang meminta dana itu ditangguhkan karena Otoritas Palestina berusaha menjadi anggota beberapa organisasi internasional.

Penangguhan yang diajukan anggota kongres biasanya dihormati oleh eksekutif, tapi tidak mengikat secara hukum jika dana tersebut sudah dialokasikan.

Dalam pernyataan pada Selasa, Granger mengatakan: “Saya sangat kecewa presiden Obama menentang pengawasan kongres dan merilis US$ 221 juta untuk wilayah Palestina.

“Saya bekerja untuk memastikan tidak ada dana pajak warga Amerika yang digunakan untuk mendanai Otoritas Palestina kecuali jika syarat-syaratnya dipenuhi. Dengan syarat-syarat itu, tidak akan ada dana yang mengalir ke Otoritas Palestina, tapi digunakan untuk program-program di wilayah Palestina yang masih dikaji oleh kongres. Keputusan pemerintah Obama merilis dana tersebut tidak tepat.”

Pemerintah Obama telah lama mendesak agar dana, yang berasal dari Badan Pembangunan Internasional AS (USAID), segera dirilis. Dana itu rencananya akan digunakan untuk bantuan kemanusiaan di Tepi Barat dan Jalur Gaza guna mendukung reformasi politik dan keamanan serta membantu mempersiapkan tata laksana pemerintahan dan perundang-undangan negara Palestina di masa depan. [RNC]

No comments

Copyright © . Lemahireng Info All Right Reserved - KabarIslam | Berita Panas | Info Cerdas | Viral News | Nasional Hot | Tips Sehat | Updatechno | Breaking .
Powered by Blogger.
close