Kenapa dihari Pemilihan, Situs KPU DKI Jakarta 'Down'. Diretasskah?

Iklan Semua Halaman

DUNIA ISLAM

Kenapa dihari Pemilihan, Situs KPU DKI Jakarta 'Down'. Diretasskah?

Kamis, 16 Februari 2017
Lemahireng.info --- Tepat dihari Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dilaksanakan secara serentak di berbagai daerah di Indonesia, salah satunya DKI Jakarta. Namun, situs Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta malah 'down' dan tidak bisa diakses sekitar pukul 8 pagi.

"Too many connections. Koneksi gagal!" tulisan yang tertera di situs KPU DKI Jakarta ketika kumparan mencoba mengaksesnya beberapa kali. Padahal, situs ini memiliki peran penting dalam menginformasikan perkembangan Pilgub DKI Jakarta. Arus lalu lintas di situs KPU DKI Jakarta diperkirakan terlalu ramai sehingga menyebabkan server tak mampu berfungsi maksimal.

Sementara Komisioner KPU DKI Jakarta, Sidik, saat dikonfirmasi mengaku belum tahu soal situs yang 'down'. Dia akan mengecek lebih dahulu. "Wah, mungkin banyak yang akses, nanti saya cek," ucap Sidik.

Masyarakat Jakarta terpantau mulai mendatangi berbagai lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menggunakan hak pilihnya. 

Ada tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang bersaing dalam Pilgub DKI Jakarta kali ini, yaitu Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Syaiful Hidayat, dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Selain di DKI Jakarta, Pilkada juga diselenggarakan di 100 daerah lainnya di seluruh Indonesia. Pemungutan suara dimulai pada pukul 07.00 hingga 13.00 waktu setempat.