Kalirifikasi Detik.com, Soal Berita Raja Salman Akan Beri Reward Haji Gratis ke Polri

Iklan Semua Halaman

DUNIA ISLAM

Kalirifikasi Detik.com, Soal Berita Raja Salman Akan Beri Reward Haji Gratis ke Polri

Sabtu, 25 Februari 2017
Lemahireng.info --- Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia dengan membawa 1.500-an anggota rombongan. Ada serangkaian program Raja Salman di Indonesia, di antaranya memberi penghargaan ke Mabes Polri.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul mengatakan penghargaan itu diberikan untuk personel Polri, yang disampaikan melalui Mabes Polri.


”Ada beberapa reward yang disampaikan oleh Kedubes Arab Saudi kepada beberapa personel kepolisian dalam upaya-upaya membantu kegiatan-kegiatan Kedubes Arab Saudi,” ujar Martinus di gedung Rupatama, Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Jumat (24/2/2017).

Martinus mengatakan kabar baik tersebut disampaikan oleh pihak Kedutaan Besar Arab untuk Indonesia. Reward yang akan diberikan beragam. Namun belum diketahui pasti jenis hadiahnya.

“Bentuknya (reward) apakah haji, apakah umrah apakah yang lainnya, itu belum diketahui,” ujarnya.

Tak semua personel kepolisian mendapat hadiah tersebut. Saat ini pihaknya sedang mendata nama-nama personel yang akan diajukan ke Kedubes Arab Saudi sesuai dengan permintaan pihak Kerajaan Arab Saudi.

“Ini yang masih kita inventarisasi nama-namanya yang akan diminta oleh Kedubes Arab Saudi,” tutur Martinus.

Berita ini meralat berita sebelumnya yang berjudul “Polisi yang Ikut Pengamanan Raja Salman Dapat Naik Haji Gratis”. Ada kesalahan dalam mengutip narasumber dalam berita sebelumnya, sehingga terjadi kekeliruan penyampaian informasi. 

Informasi yang benar adalah Raja Salman akan memberi reward ke Polri, namun bentuk hadiahnya belum diketahui. Pemberian reward ini juga tak terkait dengan pengamanan Raja Salman selama di Indonesia. detikcom meminta maaf atas kesalahan berita sebelumnya. [up]

Dubes Arab Saudi Tunda Kunjungannya ke Mabes Polri

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Markas Besar Polri Kombes Pol Martinus Sitompul mengatakan Duta Besar (Dubes) Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia berencana membahas pemberian penghargaan atau hadiah kepada personel Polri.

Pembahasan itu rencananya dilakukan pada Jumat (24/2) di Markas Besar Polri ketika Dubes Arab Saudi Osama Mohammed Al Shuaibi berkunjung ke Mabes Polri.

Kunjungan yang dijadwalkan pada 15.00 WIB tersebut batal karena Dubes Arab berhalangan hadir sehubungan dengan persiapan menyambut kedatangan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al- Saud ke Indonesia pada 1-9 Maret 2017.

Menurut informasi dari kantor berita nasional ANTARA bahwa Penghargaan itu diberikan sehubungan dengan Polri mendukung kelancaran kegiatan Kedutaan Besar Arab Saudi di Indonesia.

“Di samping itu dalam kunjungan ini, selain pengamanan untuk Raja Salman dari tanggal 1-9 Maret yang akan datang, juga ada beberapa reward (penghargaan) yang akan disampaikan Kedubes (Kedutaan Besar) Arab Saudi kepada beberapa personel kepolisian dalam upaya-upaya membantu kegiatan-kegiatan Kedubes Arab Saudi,” ujar Martinus.

Penghargaan itu dilakukan dengan memberangkatkan beberapa personel Polri untuk menunaikan ibadah haji ke Arab Saudi.

“Ini tentu lewat yang dilakukan, terkait misalnya mengirimkan naik haji atau umroh, ini yang masih kita inventarisir, nama-nama yang akan diminta oleh Kedubes Arab Saudi,” tuturnya.

Sebelumnya, dalam kunjungan ke Indonesia, Raja Salman akan membawa 1.500 anggota delegasi, termasuk 10 menteri dan 25 pangeran. Inilah jumlah terbanyak anggota delegasi kepala negara/kepala pemerintah yang datang ke Indonesia.


Raja Salman dijadwalkan melakukan kunjungan kenegaraan di Jakarta 1-3 Maret dan berlibur ke Bali mulai 4-9 Maret 2017.

Rombongan akan diangkut 4 pesawat Boeing B747 seri 400 dan 200, dua pesawat Boeing B777 dan dua pesawat C-130 Hercules.[up]