Ada Empat Isu Penting Perlu Dibahas dengan Raja Salman

Iklan Semua Halaman

DUNIA ISLAM

Ada Empat Isu Penting Perlu Dibahas dengan Raja Salman

Minggu, 26 Februari 2017
Lemahireng.info --- Muhammadiyah menyarankan pemerintah membicarakan empat isu penting ini saat Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al-Saud berkunjung ke Indonesia.


Sekretaris Jenderal Muhammadiyah Abdul Mu'ti menyampaikan, isu tersebut yakni pertama, meningkatkan kerja sama dalam pemenuhan kuota dan pelayanan jamaah haji terutama akomodasi dan kesehatan. Kedua, memperbaiki perlindungan tenaga kerja Indonesia, khususnya tenaga kerja wanita.

''Selama ini Saudi termasuk negara dimana TKI mengalami masalah hukum dan kesejahteraan yang rendah,'' kata Mu'ti melalui pesan aplikasi daring kepada Republika.co.id, Ahad (26/2).

Ketiga, Pemerintah Saudi bisa bekerja sama dalam pencegahan terorisme. Selama ini terdapat analisis yang mengaitkan pelaku terorisme terindikasi memiliki jaringan dengan organisasi di Saudi. Keempat, memperkuat kerja sama ekonomi dengan Indonesia, tidak hanya dalam bidang energi tapi juga komoditas pangan dan pakaian.

Meski demikian, Mu'ti mengaku sampai sekarang belum ada undangan untuk Muhammadiyah bertemu dengan Raja Salman. Raja Salman dari Arab Saudi berencana mengunjungi Indonesia pada 1 hingga 9 Maret. Rencananya, Menteri Agama dan ormas-ormas Islam akan turut bertemu dengan Raja Salman.