#StopBlokirMediaIslam Jadi Trending Topic Nomor Satu di Indonesia -->

Iklan Semua Halaman

DUNIA ISLAM

#StopBlokirMediaIslam Jadi Trending Topic Nomor Satu di Indonesia

Minggu, 01 Januari 2017
LemahirengMedia.info --- Jurnalis Islam bersatu (JITU) mengajak untuk menyuarakan pembelaan terhadap pemblokiran media Islam bergema di jagad twitter pada hari Ahad (1/1).

Hal itu menyusul tindakan pemblokiran sejumlah media Islam, yang seolah menjadi kado akhir tahun 2016 ini. Beberapa media Islam yang cukup terkenal dan menjadi rujukan umat Islam yaitu voa-islam.com, kiblat.net, islampos.com .

#StopBlokirMediaIslam Jadi Trending Topic Nomor Satu di Indonesia

Padahal, belum selesai kasus kriminalisasi jurnalis Muslim (Ranu) karena liputannya, pemerintah sekarang secara sewenang-wenang malah memblokir media-media Islam.

Apalagi, selama ini sejumlah media Islam tersebut sangat populer dan menjadi rujukan berita kaum Muslimin, di tengah gencarnya pemberitaan yang menyudutkan umat Islam oleh media mainstream.

Pemblokiran ini mendapat perhatian luas dari masyarakat. Perhatian tersebut disikapi melalui media sosial, hasilnya tagar #StopBlokirMediaIslam pada Ahad (1/1/2016) sempat menjadi trending topic di Twitter.

Sejak pukul 12.00 WIB, tagar #StopBlokirMediaIslam telah menempati urutan pertama Trending Topic Indonesia.
 
Sejumlah pengguna Twitter menyatakan sikap dukungannya, Indah Hayfa Nada misalnya, lewat akun ‏@sweethayfa ia mengatakan bahwa "Pemerintah takut akan kebenaran. Apa2 beraninya main blokir. #StopBlokirMediaIslam"

“Rumput Aja di Jaga, apalagi NKRI. Media Islam itu menjaga NKRI. Jgn asal blokir. Teliti dulu. #StopBlokirMediaIslam,” ujar @bayprio, salah seorang netizen. Cuitannya ini telah di-retweet 743 kali dan disukai oleh 65 orang.
 
Akun lainnya menulis, “Rumput Aja dijaga, apalagi NKRI. Media Islam itu menjaga NKRI. J[an]g[a]n asal blokir. Teliti dulu. #StopBlokirMediaIslam,” ujar @bayprio.
 
Selain pribadi, akun atas nama lembaga FUI Sulteng menulis, "Kali ini pun tak jelas siapa yang mengadukan dan atas dasar apa sebelas situs dakwah dan media Islam diblokir #StopBlokirMediaIslam,"
 
"Tanpa ada peringatan, tanpa diberitahu apa kesalahannya @kominfo memblokir media secara sewenang-wenang #StopBlokirMediaIslam," ujar @fuisulteng
 

"Sbgian bsar situs yg diblokir sdh diknal rkam jejaknya sbgai situs brt yg mnjadi rjukan umat, mrka bkn stus rdikal #StopBlokirMediaIslam," tambahnya.

Sementara, akun @jituofficial menyapa Menkominfo Rudiantara terkait pemblokiran. “Hallo @rudiantara_id @kemkominfo Tahun baru 2017, umat Islam dihadiahi pemblokiran media.. #StopBlokirMediaIslam,” cuit @jituofficial

Hingga pukul 15.00 WIB, sudah ada 11.000 cuitan #StopBlokirMediaIslam.

Menanggapi hal ini Sekretaris Umum Pemuda Muhammadiyah Pedri Kasman menghimbau kepada umat Islam untuk bangkit dan melakukan pembelaan.

“Umat Islam harus sadar dan melakukan pembelaan. Misalnya melalui sosmed dan memberikan dukungan kepada media Islam,” tegasnya.

Pemblokiran situs media Islam ini telah dimulai sejak 30 Desember 2016 lalu. Kendati demikian belum semua penyedia jasa layanan internet (ISP) melakukan pemblokiran.(sI/red)