Lakukan 10 langkah cerdas ini jika Ingin anak-anak anda mencintai Rosulullah -->

Iklan Semua Halaman

DUNIA ISLAM

Lakukan 10 langkah cerdas ini jika Ingin anak-anak anda mencintai Rosulullah

Senin, 02 Januari 2017
LemahirengMedia.info --- Berbicara tentang kehidupan Nabi Muhammad, mengikuti jejaknya harus menjadi praktek sehari-hari bagi keluarga Muslim. Kita terus mencintai, menghormati dan mematuhi Nabi Muhammad, sebagai manusia yang dipilih oleh Allah SWT untuk menyampaikan risalah agama Islam.

Berikut ini sepuluh tips untuk mendidik anak Anda belajar tentang Nabi Muhammad dan mencintainya, yang dapat diaplikasikan sehari-hari.

10 langkah cerdas ini jika Ingin anak-anak anda mencintai Rosulullah,

Dan bagi orang tua yang menerapkan homeschooling bagi anak-anaknya, tips ini dapat memperkaya aktivitas pendidikan berbasis rumah, memelihara keluarga untuk tumbuh menjadi sebuah unit kohesif yang mencintai dan membenci karena Allah semata.

1. Satu hari satu kebaikan

“Satu hari satu kebaikan” adalah cara yang baik untuk memulai meniru sunnah-sunnah Nabi, karena beliau shalallahu alaihi wasalam mendorong orang beriman untuk melakukan perbuatan baik bahkan jika itu sekecil senyuman kepada saudara atau saudarinya yang lain.

Dengan sadar memikirkan perbuatan baik setiap hari meningkatkan kesadaran dan cinta kehidupan Nabi Muhammad, seperti yang dinyatakan berulang kali dalam Al-Qur’an bahwa kita harus mengikuti jalan Muhammad SAW.

Anak-anak yang setiap hari diajarkan dan kemudian menerapkan ‘satu hari satu kebaikan’, akan menumbuhkan cinta mereka untuk Rasulullah, dan mencintai sunnah Nabi. Tentu saja perlu pemikiran kreatif dan tidak selalu kebaikan yang dilakukan di dalam rumah, seperti menghubungi tetangga untuk membantu membersihkan halamannya. Dan jika satu hari satu kebaikan sudah mudah dilakukan, maka perlu ditingkatkan satu hari dua kebaikan dan seterusnya.

2. Sirah Nabawi pengantar tidur

Kisah atau cerita pengantar tidur sudah menjadi hal umum yang dilakukan orang tua. Namun cerita-cerita umum yang sudah ada diganti dengan cerita kehidupan Nabi Muhammad.

Mendengarkan cerita kisah Rasulullah sebelum tertidur, memungkinkan anak-anak untuk mengambil pesan dari Nabi untuk mereka, setelah seharian bersekolah dan bermain.

3. Berkeliling Dunia

Nabi Muhammad telah menerangkan begitu luasnya dunia ini, dan bagaimana kita harus mencari ilmu sampai jauh. Dan benar saja, dunia itu memang besar dengan begitu banyak hal untuk belajar.

Mungkin berkeliling dunia adalah hal yang mewah dan menyita banyak waktu. Namun dengan berbagai alat dan sarana pendidikan yang ada kita bisa mengajak anak-anak kita berkeliling dunia. Dengan bantuan dari globe, atlas, ensiklopedi dan internet, kita bisa bersama-sama dengan anak melakukan pengamatan terhadap masyarakat dalam dan luar negeri.

Belajar tentang keragaman etnis, bahasa mereka, dan cerita rakyat mereka. Belajar tentang mereka geografis dan perekonomian mereka. Belajar tentang masjid mereka (jika itu adalah negara Muslim) atau belajar tentang perayaan yang berbeda.

Melakukan perjalanan keliling dunia dari rumah yang nyaman, membantu meningkatkan pengetahuan dan membawa kita lebih dekat kepada Allah dan Nabi, selain juga memperluas cakrawala berpikir seorang muslim.

4. Mendukung lingkungan yang hijau

Nabi Muhammad mencintai bumi, karena bumi adalah tempat kita berpijak dan sarana untuk mencintai Allah. Dia mendorong penanaman pohon dan menyayangi hewan. Beliau shalallahu alaihi juga menyukai olahraga dan berada di luar ruangan, menghargai keindahan Allah di tempat tinggal sementara ini.

Jadi ajak anak-anak Anda melakukan kegiatan luar ruangan dan selaras dengan alam. Biarkan mereka melihat bunga dan serangga.

Buatkah taman atau kebun sederhana. Lakukan olahraga bersama keluarga. Jika anak-anak Anda cukup besar, ajaklah mereka bergabung bersama teman-temannya yang lain untuk melakukan aktivitas luar ruangan bersama.

Mintalah mereka mengambil bagian di lingkungan dalam kegiatan bersih-bersih dan inisiatif lainnya. Segala sesuatu yang mereka lakukan untuk menyelamatkan bumi akan membawa mereka lebih dekat dengan Nabi Muhammad, yang akan mendukung Hari Bumi, setiap hari.

5. Dekat dengan anak yatim

Dekat dengan anak yatim atau ikut berperan dalam membesarkan anak yatim adalah cara yang bagus untuk meniru Nabi Muhammad, karena beliau sendiri juga seorang anak yatim piatu sejak kecil. Nabi Muhammad cinta kepada anak yatim dan menyatakan siapa saja yang memelihara anak yatim akan ikut bersamanya ke surga.

Mengajarkan anak-anak kita untuk peduli kepada anak yatim, mengajarkan anak-anak kita perasaan syukur dan kerendahan hati. Ini membantu kita membesarkan anak-anak yang penuh kasih, sehingga kelak mereka suka bersedekah dan menghargai semua yang mereka miliki.

Anak remaja mungkin dapat membantu dengan mengajar anak-anak yatim baik yang ada di sekitar rumah atau di panti asuhan atau melakukan pengumpulan dana.

6. Menulis surat kepada yang dikasihi

Tetap berhubungan dengan orang yang dicintai adalah bagian dari sunnah Nabi. Nabi Muhammad mendorong untuk menjaga hubungan dengan teman dan sanak keluarga setiap saat untuk membangun ummat yang sehat (bangsa).

Mintalah anak anda menulis surat untuk orang-orang terkasih yang jauh, baik itu teman atau sanak saudara. Hal ini tidak hanya membuat mereka untuk tetap menjaga tali silaturahim, tetapi juga mendorong mereka untuk mengekspresikan diri secara tertulis.

7. Membaca Surah dan Mempelajari Tafsir

Cara yang paling jelas untuk mengenal kehidupan Nabi Muhammad adalah dengan membaca Al-Qur’an.

Ada berlimpah berkat dalam membaca Al-Qur’an dan bahkan lebih ketika memahami pesan di balik setiap surah dan membaca tafsir karena hal ini membuat kita untuk mengamalkan surah tersebut.

Jadi pelajari surah-surah baru dan juga tafsirnya, ini pasti akan membuat anak-anak kita lebih dekat dengan Nabi Muhammad dan meningkatkan cintanya kepada Allah.

8. Berdoa dan berdzikir sepanjang waktu

Nabi Muhammad dikenal untuk melantunkan doa dan berdzikir dalam aktivitas sehari-harinya. Dan sudah banyak buku yang merangkum doa-doa dari hadist Nabi Muhammad SAW yang dapat mereka baca dalam kehidupan sehari-hari. Doa itu tidak terbatas untuk dirinya sendiri, tapi juga doa-doa bagi umat Islam yang lain.

Sebuah doa dapat membuka pintu hidayah dan melindungi kita dari kejahatan, atas izin Allah.

9. Bertemu Teman di Masjid

Suruhlah anak Anda untuk bertemu dengan teman-temannya di Masjid. Masjid pada masa Nabi adalah titik pertemuan bagi umat Islam. Jadi biasakan anak-anak anda untuk bersosialisasi dengan teman-temannya di masjid.

Selain untuk shalat jamaah dan belajar Al Quran, doronglah anak-anak Anda untuk membawa buku-buku mereka dan membacanya di masjid.

Semakin sering anak-anak menikmati waktu berada di Masjid, semakin besar kemungkinan bagi mereka untuk menautkan hati mereka ke masjid dan memelihara cinta mereka untuk kehidupan sosial yang sehat.

10. Menyukai kurma

Terakhir, salah satu cara untuk menanamkan cinta kepada sunnah Nabi Muhammad adalah mengajarkan anak untuk suka makan kurma. Ada banyak manfaat kesehatan dalam kurma dan itulah sebabnya itu adalah sunnah yang penting.

Selain dimakan langsung, orang tua juga bisa mengkreasikan kurma dalam beraneka jenis makanan.

Jelas ada banyak cara untuk mengilhami anak-anak kita mencintai Nabi Muhammad dan sunnahnya sepanjang waktu. 

Berbicara kepada anak-anak kita tentang Nabi Muhammad di segala sesuatu hal mampu membantu mereka mengikuti jejak Rasulullah dengan sungguh-sungguh dan dengan penuh cinta. Kita juga harus terus memohon kepada Allah SWT agar anak-anak kita senantiasa mencintai nabi-Nya.

Ditulis oleh Maria Zain di situs AboutIslam.net, dengan beberapa perubahan teks oleh tim penerjemah muslimdaily.net