Inikah Penyebab kenapa Peredaran Narkoba di Kota Depok Marak -->

Iklan Semua Halaman

DUNIA ISLAM

Inikah Penyebab kenapa Peredaran Narkoba di Kota Depok Marak

Kamis, 05 Januari 2017
LemahirengMedia.info --- Peningkatan peredaran narkoba ini disebabkan pesatnya pertumbuhan penduduk dan perkembangan ekonomi. Pertumbuhan penduduk Depok juga didominasi kalangan pemuda.

Inikah Penyebab kenapa Peredaran Narkoba di Kota Depok Marak

“Selain itu, karena (Depok merupakan) wilayah perlintasan atau penghubung antara ibu kota negara dan Jawa Barat. Karakteristik Depok sebagai kota penyangga Jakarta,” tutur Kasatresnarkoba Polresta Depok, Kompol Putu Kholis Aryana.

Putu pun mengungkapkan, pemasok barang haram itu bisa berasal dari dalam dan luar Depok. Jenis narkoba yang paling banyak diedarkan masih terbilang sama yakni ganja dan sabu.

Meski demikian, modus baru guna mengelabui polisi mengemuka pada 2016. Dalam kasus terakhir, Polresta Depok menguak peredaran narkoba jenispil ekstasi yang berbentuk tokoh kartun minion.

“Untuk kasus ekstasi minion itu fenomena baru, namun penangkapan kemarin itu lebih kepada keberhasilan dalam supply reduction,” ucap Putu .

Selain itu kata dia, ekstasi minion tersebut rencananya diedarkan di Jakarta dan Bogor. Polresta Depok, tuturnya, masih mendalami dugaan peredaran pil ekstasi minion itu menyasar anak dan remaja.

“Sementara ini kemungkinan (peredaran ekstasi minion) lebih condong untuk mengelabui petugas,” ucap Putu.

Oleh karena itu, upaya pencegahan dilakukan Korps Bhayangkara Depok mencegah peredaran narkoba di kalangan pelajar.

“Selain melakukan penangkapan, kami juga melakukan kegiatan pembinaan dan penyuluhan ke sekolah-sekolah,” pungkas Putu.[pojoksatu]