Dikabarkan Rektor UII Mundur dan Syok Berat karena 3 Mahasiswanya Tewas disiksa Senior, -->

Iklan Semua Halaman

DUNIA ISLAM

Dikabarkan Rektor UII Mundur dan Syok Berat karena 3 Mahasiswanya Tewas disiksa Senior,

Kamis, 26 Januari 2017
Lemahireng.info --- Tiga mahasiswanya tewas saat menjalani pendidikan dasar Mahasiswa Pencita Alam (Mapala), Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Harsoyo mengundurkan diri dari jabatannya.


"Saya mengundurkan sebagai rektor UII sebagai tanggung jawab moral, Ada hal-hal yang harus dilakukan sehingga terpaksa saya tangani dulu karena harus disaksikan. Kesalahan bukan pada anak buah tapi pada pimpinan," ujar Harsoyo dalam jumpa pers di Yogyakarta, Kamis (26/1/2017).

Ia juga meminta maaf sebesar-besarnya atas insiden yang menimpa tiga mahasiswanya tersebut. Harsoyo mengakui insiden ini merupakan hal yang fatal dan membuat civitas akademika UII syok. Padahal sebelumnya, insiden seperti ini tak pernah terjadi di kampusnya.

"Kami sampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya. Kami tak pernah berharap seperti ini. Mapala didirikan UII pada 1974. Kejadian memilukan baru terjadi kali ini. Civitas akademika syok. kecelakaan fatal pun belum pernah terjadi," katanya

Seperti diberitakan, sejumlah mahasiswa pecinta alam (mapala) Universitas Islam Indonesia (UII) meregang nyawa diduga karena mengalami kekerasan saat menjalani diksar di Gunung Lawu. Ketiganya yaitu Muhammad Fadli (19), Syaits Asyam (19), dan Ilham Nurfadmi Listia Adi (20). (okezone)

Bahkan Kapolres Karanganyar AKBP Ade Safri Simanjuntak mengatakan, kegiatan mapala tersebut ilegal karena tidak mengantongi izin. Setiap kegiatan yang digelar di wilayah Karanganyar harus mendapatkan izin dari Satuan Intelkam Polres Karanganyar.[dm]