Duterte: Kami tak Butuh Uang Kalian, Selamat Tinggal Amerika. -->

Iklan Semua Halaman

DUNIA ISLAM

Duterte: Kami tak Butuh Uang Kalian, Selamat Tinggal Amerika.

Minggu, 18 Desember 2016
LemahirengMedia.info --- Presiden Filipina Rodrigo Duterte menyebutkan pada Amerika Serikat untuk bersiap-siap hadapi pencabutan perjanjian peletakan pasukan serta peralatan latihan, dengan menyampaikan " selamat tinggal Amerika ", serta " kami tak perlu duit kalian ". 

Tetapi, Duterte memberikan indikasi kalau jalinan Filipina-AS dapat bertambah dibawah Presiden Donald Trump. " Saya sukai mulut Anda (Trump, red), sama dengan (mulut) saya, ya, Ayah Presiden. Kita sama, beberapa orang yang mempunyai persamaan. " 

Masalah pemerintahan AS sekarang ini, yang sudah memperlancar kritik pada Duterte menyangkut laporan pembunuhan semenan-mena dalam perang yang dilancarkannya pada narkoba, Duterte menyampaikan, " Kami tak perlu kalian. " 

" Siap-siap tinggalkan Filipina. Siap-siap hadapi pencabutan VFA kelak, " tuturnya dalam jumpa pers sesudah tiba di tanah air dari kunjungannya ke Kamboja serta Singapura, seperti ditulis Reuters, Jumat (16/12). 

Visiting Forces Agreeement (VTA) yang ditandatangi pada 1998, adalah status legal untuk beberapa ribu personel pasukan Amerika Serikat yang sudah dirotasi di Filipina untuk lakukan latihan militer dan operasi-operasi pertolongan kemanusiaan. 

" Selamat tinggal Amerika serta sediakan penyusunan untuk kalian keluar dari Filipina, " kata Duterte. 

Ia memberikan kalau keputusannya itu bakal diaplikasikan " kurun waktu dekat " sesudah meninjau lagi perjanjian militer yang lain, yakni Kesepakatan Penambahan Kerja Sama Pertahanan. " Kami tak perlu duit kalian. 

Cina telah katakan mereka bakal berikan banyak (duit), " katanya. " Politik di Asia Tenggara sini tengah beralih. " (Rol)