Anda Pengguna WA, Inilah 10 Fitur Terbaru Whats App yang wajib Anda ketahui -->

Iklan Semua Halaman

DUNIA ISLAM

Anda Pengguna WA, Inilah 10 Fitur Terbaru Whats App yang wajib Anda ketahui

Jumat, 30 Desember 2016
LemahirengMedia.info - Seperti dikutip di laman KompasTekno bahwa Layanan pesan singkat WhatsApp merilis segudang fitur baru nan menarik sepanjang tahun 2016 ini. 

KompasTekno mencatat setidaknya ada 9 fitur baru dari layanan tersebut.

Salah satu fitur yang akhirnya dirilis oleh WhatsApp adalah kemampuan untuk membuat huruf dalam format miring (italic) dan (bold). Tidak hanya itu, hadir juga fitur untuk mencoret tulisan atau biasa disebut strike through.

Anda Pengguna WA, Inilah 10 Fitur Terbaru  Whats App yang wajib Anda ketahui

Menjelang akhir tahun, WhatsApp kembali merilis fitur yang sudah lama dinanti. Fitur tersebut adalah video call. Melalui kemampuan yang satu ini, pengguna WhatsApp bisa saling berbincang tatap muka dari jarak jauh dengan memanfaatkan kamera smartphone.

Berikut 10 fitur baru WhatsApp yang dirilis sepanjang tahun 2016 ini.

1. Fitur Colek Teman

WhatsApp mempunyai fitur mention atau "mencolek" teman di grup percakapan. Menggunakan fitur yang satu ini, pengguna yang tergabung dalam grup dijamin bakal menjadi lebih awas saat di-mention.

Pasalnya, fitur tersebut akan tetap memaksa sistem mengeluarkan bunyi notifikasi saat pengguna di-mention, meski grup percakapan itu sudah dibuat dalam dalam mode senyap (mute).

Sebelumnya, jika pengguna mute sebuah grup, sistem tidak akan mengeluarkan bunyi notifikasi apa pun. Sehingga pengguna seringkali tidak menyadari sedang diajak berbicara dalam sebuah grup WhatsApp.

Fitur mention bisa dipakai dengan membubuhkan karakter "@" (tanpa tanda petik). Setelah mengetik simbol "@" di kolom percakapan, deretan nama kontak yang ada dalam grup akan dimunculkan.

Pengguna bisa mengetik nama kontak yang diinginkan atau memilih salah satu dari daftar kontak yang dimunculkan oleh WhatsApp.

2. Reply

Jika ingin mengutip salah satu pesan di grup dan membalasnya, Anda harus menekan lama pesan tersebut. Antarmuka WhatsApp akan memunculkan beberapa ikon untuk bertindak.

Salah satunya, yang terletak paling kiri, ada ikon bergambar panah. Anda cukup menekannya sekali, lalu WhatsApp akan otomatis mengutip pesan yang ingin Anda komentari.

Setelah menuliskan komentar, kirim pesan itu. Anggota grup akan paham bahwa Anda sedang membalas sebuah obrolan spesifik yang dilontarkan satu orang.

3. Kirim file

Pengguna WhatsApp sudah bisa berbagi dokumen. Sebelumnya WhatsApp telah dapat digunakan untuk berkirim foto, video, kontak, dan lokasi ke sesama pengguna.

Beberapa file yang didukung antara lain PDF, dokumen (.doc), spreadsheet (.xls), slideshow (.ppt), dan beberapa file lain.

Besaran dokumen dalam satu kali kirim adalah sebesar 100 MB.

4. Foto ditempel stiker

Ini merupakan fitur pengedit foto dan video di aplikasi kamera WhatsApp. Pengguna WhatsApp di Android dan iOS yang memotret atau merekam video langsung dari aplikasi WhatsApp bisa menempelkan stiker, teks, menambah coreatn, dan crop foto sebelum dikirimkan.

5. Enkripsi

Layanan pesan instan WhatsApp semakin kuat untuk urusan enkripsi di tahun 2016. Perusahaan yang dimiliki oleh Facebook itu mengumumkan bahwa semua jenis pesan yang dikirim melalui jaringannya kini telah anti-sadap.

Itu artinya, hanya pengirim dan penerima saja yang bisa membaca isi dari pesan tersebut. Pembicaraan super-rahasia sekalipun kini aman dilakukan di WhatsApp.

Pihak di luar pengirim dan penerima, bahkan karyawan WhatsApp sendiri, dijamin tidak akan bisa melihat isi pesan yang dikirimkan melalui jaringan WhatsApp.

6. Batas anggota grup percakapan bertambah

Jika sebelumnya jumlah maksimal anggota dalam WhatsApp Group adalah 100 orang, maka kini jumlahnya ditingkatkan menjadi 256 orang.

7. Tebal miring

WhatsApp kini bisa menampilkan huruf dalam format tebal (bold

), miring (italic

), dan dicoret (strike through

). Anda bisa melakukannya dengan cara memasukkan karakter khusus sebelum dan setelah kata yang ingin diformat.

Agar menjadi tebal, gunakan tanda bintang (*) di antara *kata yang diinginkan*. Bila ingin membuatnya miring, gunakan tanda underscore  (_) di antara _kata yang diinginkan_, dan bila ingin membuat kalimat dicoret (strike through), gunakan tanda ~ di antara ~kata yang diinginkan~.

8. Video Call

WhatsApp sudah kedatangan fitur video call, Rabu (16/11/2016)

Salah satu fitur yang sudah lama ditunggu. Ini merupakan fitur tatap muka via video, dengan memanfaatkan kamera yang ada di smartphone.

WhatsApp sendiri bisa dibilang ketinggalan dalam menghadirkan fitur yang satu ini. Pesaing WhatsApp, seperti Line dan WeChat, sudah terlebih dahulu mengaplikasikan fitur tersebut di layanannya.

Google pun sudah membuat aplikasi video call sendiri yang dinamakan Duo.

9. Streaming video

Menggunakan fitur tersebut, pengguna tidak perlu lagi mengunduh video yang dikirimkan melalui WhatsApp untuk bisa menontonnya.  

Cara kerja fitur ini terbagi menjadi dua

Pertama, bagi pengguna yang mengatur WhatsApp secara otomatis mengunduh semua konten yang dikirim, maka aplikasi akan mengunduh video yang masuk seperti biasa.

Bedanya dengan sebelumnya, meski proses pengunduhan belum selesai, fitur baru ini membuat pengguna bisa melakukan streaming video tersebut. Jadi selama proses pengunduhan, video sudah dapat diputar.

Kedua, dalam kondisi pengguna mengatur agar konten multimedia tidak otomatis diunduh. Bila pengaturan ini yang dipakai, pengguna akan menemukan sebuah tombol Play dalam video yang diterimanya. Bentuk tombol bisa dilihat melalui gambar di samping ini.

10. Bisa putar gambar Gif

WhatsApp sudah mendukung format gambar .gif di tahun 2016. Gif sendiri merupakan gambar bergerak seperti video, tetapi tidak memiliki durasi yang terlalu panjang.

Format gambar .gif sebelumnya populer di layanan jejaring sosial Twitter. Setelah melihat kepopuleran gambar .gif semakin meningkat, WhatsApp pun menyediakan fitur ini di layanannya.

Source : tekno.kompas.com