Alasan sebenarnya KH Ma'ruf Amin Jadi Khatib Salat Jumat 2 Desember

Iklan Semua Halaman

DUNIA ISLAM

Alasan sebenarnya KH Ma'ruf Amin Jadi Khatib Salat Jumat 2 Desember

Jumat, 02 Desember 2016
LemahirengMedia.info. Orang Nomor 1 di NU Akan Jadi Khatib Salat Jumat 2 Desember di Lapangan Monas. Massa GNPF-MUI sepakat aksi 2 Desember digelar di lapangan Monumen Nasional (Monas). Massa akan berunjuk rasa sejak pagi hingga salat Jumat di Monas.

Alasan KH Ma'ruf Amin Jadi Khatib Salat Jumat 2 Desember

"Yang menjadi khatib yaitu Al Mukarram, KH Ma'ruf Amin," kata Ketua Pembina GNPF MUI Habib Rizieq dalam jumpa pers di kantor MUI, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (28/11/2016).

KH Ma'ruf Amin menjabat sebagai Ra'Is 'Aam PBNU (2015-2020). Rais 'Aam adalah tingkat tertinggi dalam kepengurusan NU.

Struktur kepengurusan di Nahdlatul Ulama (NU) bisa dibilang agak berbeda dengan organisasi lainnya. Jika diartikan secara gamblang, maka NU memiliki dua 'Ketua Umum' dengan adanya posisi Rais 'Aam dan Ketua Umum itu sendiri.

Sebenarnya Rais Am adalah ketua umum yang sebenarnya dalam tradisi NU. Namun ketika NU bermetamorfosis sebagai partai politik tahun 1955, peran Ketua Umum (tanfidziyah) jauh lebih menonjol.

Kembali pada aksi damai 212, Selain salat Jumat, Rizieq mengatakan, aksi super damai nanti akan diisi dengan kegiatan berupa tausiyah, doa dan zikir bersama.

"Kami akan berikan kesempatan kepada umaro (pemerintah) untuk menyampaikan amanatnya kepada umat," ujar Rizieq.

Rizieq menegaskan aksi '212' nanti merupakan aksi super damai. Namun, tuntutannya tetap untuk penegakan hukum dan keadilan terkait Ahok yang jadi tersangka kasus dugaan penistaan agama.

"Kita akan kawal proses ini," sebutnya.

Rizieq Shihab juga setuju dengan usulan 'rujuk nasional' yang digagas MUI. Rujuk nasional ini dimaksudkan untuk dialog antara pimpinan negara, tokoh ormas, ulama, dan masyarakat.

"Rujuk nasional yang melibatkan seluruh tokoh-tokoh dalam negeri bagaimana berdialog mencari solusi bagi problematika yang dihadapi, kami GNPF MUI, kami sambut usulan tersebut. Insya Allah ke depan kita lebih menggiatkan berdialog," kata Habib Rizieq.

Sumber Berita : detik.com