JNE PARAH... 4 kali berturut-turut pesan barang di Lazada via jasa JNE tidak sampai ditangan

Iklan Semua Halaman

DUNIA ISLAM

JNE PARAH... 4 kali berturut-turut pesan barang di Lazada via jasa JNE tidak sampai ditangan

Sabtu, 24 September 2016
Salam sobat semua, Kali ini saya berbagi pengalaman buruk terkait pelayanan jasa pengiriman via JNE. Ceritanya begini, Saya pesan barang via online di Lazada, Barangnya tidak mahal cuma seharga kurang dari 100k . Untuk model pembayaran saya lebih nyaman dengan COD atau bayar ditempat. Saya termasuk tipe orang yang mau bayar setelah barang ada ditangan. Meskipun di Lazada sendiri menjamin bahwa model pembayaran non COD juga aman dari penipuan. Tetapi bagi saya pribadi lebih tertarik yang model pembayaran ditempat. Prinsip kuno saya "Ada barang ada Uang". 

JNE PARAH... 4 kali berturut-turut pesan barang di Lazada via jasa JNE tidak sampai ditangan

Karena berangkat dari pengalaman pernah ketipu dengan model transfer lewat bank. Transfer sudah tetapi barang tidak pernah diterima. Sakit kan kena tipu oknum yang tak bertang gungjawab.  Singkat cerita saya pesan barang di Lazada dengan jasa pengiriman via JNE. JNE sendiri adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang pengiriman dan logistik yang bermarkas di Jakarta, Indonesia. 
  • Visi JNE: 
  • Untuk menjadi perusahaan rantai pasok global terdepan di dunia
  • Misi JNE:
  • Untuk memberi pengalaman terbaik kepada pelanggan secara konsisten
Tapi itu dulu,sekarang? Saya membuktikan sendiri kalau JNE pelayananannya buruk.

Sebelumnya saya mohon maaf kepada Lazada terkait hal ini. Ini sangat terpaksa saya lakukan karena saya sudah melakukan pemesanan barang 4 kali berturut-turut tetapi tidak pernah sampai ke tangan . 

Saya juga mohon maaf kepada pihak JNE karena saya harus mengatakan bahwa " Pelayanan Pengiriman via JNE sangat buruk " mungkin kesalahan ini berada dipihak lapangan tetapi idealnya JNE sebagai pihak penyedia jasa pengiriman harusnya mampu mengkondisikan kurirnya agar tidak malas melakukan tugasnya sebagai seorang kurir. 

Mohon kedepannya kejadian mamalukan ini tidak perlu terulang lagi. ( Atau kalau bisa sebagai pelajaran , kurirnya untuk wilayah Kabupaten Semarang dipecat saja karena menjatuhkan profesionalisme perusahan sebesar JNE ).

Saya juga mengucapkan terima kasih kepada admin web ini karena telah bersedia memberikan ruang kepada saya untuk berbagi pengalaman buruk atas jasa layanan pengiriman via JNE. 

Pesanan pertama 

Pada tanggal 21 Agustus 2016 saya tertarik membeli barang di lazada karena harganya miring. Untuk model pembayaran saya memilih COD. 
Bukti kuat kalau Pelayanan JNE tidak memuaskan pelanggan
Pesanan saya yang pertama via JNE gagal total tidak sampai ke tangan
Bukti kuat kalau Pelayanan JNE tidak memuaskan pelanggan

Coba perhatikan alasan di atas, disitu tertera karena tidak menemukan alamat saya, Padahal alamat saya tergolong mudah karena tidak jauh dari jalur utama Semarang-Solo.

Saya hanya ketawa saja melihat penjelasan diatas karena pihak kurir JNE ternyata sangat ceroboh.

Pesanan Kedua

Pada tanggal 1 September 2016 saya melakukan pembeliaan lagi di Lazada dengan barang yang sama tetapi harga lebih murah.  Untuk model pembayaran saya memilih COD. Betapa kagetnya saya setelah dapat notifikasi email kalau barang pesanan saya dikirim via JNE lagi.

Bukti kuat kalau Pelayanan JNE tidak memuaskan pelanggan
Pesanan saya yang kedua via JNE gagal total tidak sampai ke tangan
Bukti kuat kalau Pelayanan JNE tidak memuaskan pelanggan
Coba perhatikan lagi alasan di atas, disitu tertera karena tidak menemukan alamat saya, Padahal alamat saya tergolong mudah karena tidak jauh dari jalur utama Semarang-Solo.

Pesanan yang Ketiga 

Dengan agak dongkol pada tanggal 9 September 2016 saya pesan lagi di Lazada dengan barang yang sama dan tentu saja memilih harga yang lebih murah. Untuk model pembayaran saya memilih COD lagi dengan pertimbangan gagalnya pengiriman .Kaget lagi saya, dapat notifikasi email kalau barang pesanan saya dikirim via JNE lagi. Wuih... saya langsung ragu, jangan-jangan seperti yang sebelumnya.. ternyata benar dugaan saya bahwa pesanan kali ini gagal total seperti sebelumnya.


Bukti kuat kalau Pelayanan JNE tidak memuaskan pelanggan
Pesanan saya yang ketiga via JNE gagal total lagi tidak sampai ke tangan
Bukti kuat kalau Pelayanan JNE tidak memuaskan pelanggan

Coba perhatikan lagi alasan di atas, disitu tertera pesanan saya dibatalkan karena tidak menemukan alamat saya, Padahal alamat saya tergolong mudah karena tidak jauh dari jalur utama Semarang-Solo. Ini sudah parah karena sudah 3 kali berturut-turut dengan alasan yang sama pula.

Pesanan Keempat

Akhirnya kesabaran saya masih tersisa. Pada tanggal Saya pesan lagi barang yang sama dengan harga yang lebih mahal dari yang pertama, dengan alasan mungkin saja Pihak JNE tidak mau mengirim karena nominalnya sedikit, COD lagi.
Pesanan saya yang keempat via JNE gagal total lagi tidak sampai ke tangan


Bukti kuat kalau Pelayanan JNE tidak memuaskan pelanggan

Coba perhatikan lagi alasan di atas, disitu tertera lagi pesanan saya dibatalkan karena tidak menemukan alamat saya, Padahal alamat saya tergolong mudah karena tidak jauh dari jalur utama Semarang-Solo. Ini sudah parah karena sudah 4 kali berturut-turut dengan alasan yang sama pula.
Jadi saya pesan barang di Lazada 4 kali berturut-turut via jasa pengiriman JNE tidak pernah sampai ditangan.

Sebenarnya Mulai pengiriman yang kedua saya sudah komplain dengan pihak Lazada. Tetapi jawabannya standar pelayanan saja. "Maaf pak dengan ketidaknyamanan ini. Semoga kedepannya tidak terjadi lagi". Kata-kata itu yang saya dapatkan sampai pada komplain saya yang berikutnya.
Karena saya sudah beberapa kali pesan barang di Lazada via jasa pengiriman non JNE tidak ada masalah. Saya sempat meminta jasa pengiriman non JNE karena saya sudah tidak percaya lagi dengan pelayanan JNE. Tetapi pihak Lazada nya berkelit tidak bisa karena untuk jasa pengiriman barang kewenangan resellernya masing-masing. 


Bukti kuat kalau Pelayanan JNE tidak memuaskan pelanggan
Paling banter pihak Lazada hanya mengadukan keluhan pelanggan kepihak resellernya. Dan terbukti semua pesanan saya yang via JNE tidak ada perubahan pelayanan yang memuaskan.  Kesel , dongkol saya rasakan atas nama pelanggan.

Padahal untuk Pesanan saya yang lain via pengiriman non JNE selalu saya terima sesuai jadwal. Dan lagi kurirnya juga proaktif mengabari lewat pesan singkat atupun telepon kalau di hari itu ada pengiriman. Dengan begitu saya tahu bahwa pada hari itu ada kiriman mau datang kerumah.  Lha ini dari pihak JNE nya tidak ada sms maupun telepon, tahu-tahu dapat notifikasi email dari Lazada kalau nomor telepon saya tidak bisa dihubungi. Yakin mas kurir JNE sudah menghubungi saya ? 

Denger-denger kalau dari JNE tidak mau masuk ke gang-gang, maunya yang lokasinya mudah saja.Lebih parahnya lagi ketika searching di google baik itu blog,forum bahkan di youtube banyak banget beredar informasi kalau memang JNE adalah salah satu jasa pengiriman barang terparah yang pernah ada. barang main lempar seenaknya tanpa rasa tanggung jawab,Iyalah kalau barang itu berupa tahan banting paling resikonya cuma lecet tetapi kalau barang tersebut kategori barang rawan goncangan misalkan Laptop,kamera,   smartphone atau sejenisnya bisa dipastikan akan rusak dan yang paling dirugikan adalah konsumen. Sudah nunggu lama tahu-tahu barangnya rusak karena ketidakprofesionalisme pihak jasa pengiriman.. Parah banget kan...

Sebaliknya pengiriman yang lain via non JNE no problem, Dan saya acungin jempol tuh buat ESL EKSPRES karena pelayanan mereka sangat memuaskan pelanggannya. Saya berani katakan seperti itu karena pengalaman pribadi saya sendiri ketika berinteraksi dengan kurir-kurir ESL EKSPRES yang mengantarkan paket pesanan saya. 

Dibawah ini screnshoot pesanan saya via jasa  pengiriman Non JNE yang sangat memuaskan dan sangat-sangat Profesional.



Dibawah ini ada riwayat belanja saya di Lazada dan yang saya tandai warna kuning adalah pengiriman via JNE yang gagal total..




Tujuannya saya disini sangat sederhana khususnya kepada pihak jasa pengiriman JNE. Jangan kecewakan pelanggan, hanya karena hal kecil saja kalau tidak segera ditangani akan berakibat fatal. 

Mungkin ada anggapan kalau komplain pelanggan tidak berpengaruh dengan kredibilitas perusahan sebesar itu. Tapi berapa banyak pelanggan yang diam,trimo dan memang sengaja tidak melakukan komplain. 

Dengan beberapa alasan tentunya misalnya bingung harus bagaimana mencurahkan kekecewaannya.

Dan untuk para pelanggan lain jangan kaget apabila mengalami nasib seperti yang saya alami. Bagi pelanggan yang bernasib sama tidak usah takut untuk komplain karena hak anda tidak terpenuhi oleh mereka penyedia jasa. 

Mudah-mudahan kejadian ini hanya saya saja yang mengalami meskipun setelah mencari informasi ternyata banyak juga yang kecewa dengan layanan JNE baik itu dari telatnya pengiriman,barang tertukar ,barang rusak sampai barang tidak sampai pada pelanggan atau keluhan-keluhan lainnya.  

Semoga menjadi pelajaran bagi kita semua agar kejadian memalukan ini tidak terulang lagi.
Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada admin web ini karena bersedia memberi ruang kepada saya untuk berbagi pengalaman buruk belanja di Lazada via jasa pengiriman JNE yang gagal total. 

Oiya saya pesan barang yang sama lagi di Lazada. Dan ini berarti pesanan saya yang ke lima sekali lagi ini pesanan saya yang ke 5 kalinya. Apakah ada perubahan ataukah masih sama dengan nasib barang saya sebelumnya... 

Kita lihat saja bagaimana perkembangannya.. 

Update : Untuk pesanan yang ke lima ini dapat notif dari lazada kalau pengirimannya via ESL EKSPRES .. Alhamdulillah , saya percaya penuh dengan jasa pengiriman ini karena track recordnya sangat bagus ..

Demikian pembaca sharing saya tentang pengalaman menjadi korban jasa pengiriman JNE Kali ini.. 

Salam sukses untuk semua.