Khilafah: Satu-satunya Negara Pemelihara Keamanan

Iklan Semua Halaman

DUNIA ISLAM

Khilafah: Satu-satunya Negara Pemelihara Keamanan

Jumat, 01 April 2016
Keamanan dan stabilitas dalam negeri merupakan hal yang sangat vital. Perekonomian tidak akan berjalan baik jika keamanan dan stabilitas dalam negeri kacau. Terorisme dan tindak pidana lain, jika tidak dicegah dan ditanggulangi, akan berdampak buruk pada kondisi mental masyarakat, yang kelak akan melemahkan posisi negara.

Karenanya, keamanan dalam negeri sangat dijaga oleh Khilafah. Untuk itu, Khilafah memiliki satuan polisi (syurthah) yang berfungsi menjaga keamanan masyarakat. Satuan polisi ini akan dikirim oleh negara untuk melakukan patroli di pemukiman, perkampungan, pasar, atau jalan raya, sehingga rakyat tidak perlu menyewa satpam untuk keamanan lingkungannya. Polisi ini juga yang akan menindak orang-orang murtad dan memerangi pemberontak separatis hingga mereka kembali ke pangkuan negara.

Dalam kaitannya dengan aksi terorisme, perompakan, pembajakan, perampokan sampai penghilangan nyawa, Khilafah akan mengirim polisi bahkan satuan militer untuk menghabisinya, karena sangat berbahaya jika tidak dibasmi.

Pada dasarnya, aktivitas tajassus (memata-matai) adalah haram. Namun, hal ini dikecualikan terhadap kafir harbi atau orang-orang yang berkomplot dengan kafir harbi. Tajassus boleh dilakukan negara kepada mereka untuk mencegah terlaksananya aksi teror terhadap umat Islam.

Pada era Khilafah Abbasiyah, Khalifah Al-Mu'tashim pernah mengirim pasukan dalam jumlah besar untuk memerangi kelompok Muhammad bin Utsman dan Samlaq, kelompok preman yang membuat onar di Bashrah. 

Mereka berhasil ditumpas hingga ke akar-akarnya, Bashrah pun terbebas dari teror mereka. Hal yang sama juga beliau lakukan pada kelompok Babak Al Kharami di wilayah Azerbaijan. Kelompoknya dimusnahkan dan Babak pun dieksekusi mati.

Tidakkah Anda ingin hidup di bawah naungan Khilafah, negara yang menjaga keamanan rakyatnya dengan sungguh-sungguh, agar rakyatnya dapat hidup tenteram tanpa ancaman terhadap kehidupan dan harta mereka?
#Syariah dan #Khilafah Mewujudkan #IslamRahmatanLilAlamin