8 Kemaslahatan Ketika Syariah Diterapkan Kaaffah dalam Khilafah

Iklan Semua Halaman

DUNIA ISLAM

8 Kemaslahatan Ketika Syariah Diterapkan Kaaffah dalam Khilafah

Minggu, 17 April 2016

Seiring dengan ganasnya ideologi kapitalisme yang telah merusak tatanan dunia maka sunatullah berjalan sebagaimana mestinya. 

Meskipun masih ada yang meragukan tentang sistem khilafah sesuai dengan kepentingannya tetapi bagi orang - orang yang mencari kebenaran akan melewati hambatan itu yaitu memahami secara pasti tentang kedahsyatan sistem islam dalam memulyakan dunia seisinya. 

Bagaimana tidak sepanjang sejarah tercatat kalau sistem islam yaitu khilafah telah terbukti selama 1300 tahun memulyakan manusia sebagaimana mestinya seorang manusia yang sesuai fitrahnya. 

Dibawah ini setidaknya ada 8 point penting tentang bagaimana kedahsyatan sistem khilafah dalam mengatur dunia. Dan sistem lain seperti komunisme dan kapitalisme tidak mampu mewujudkannya. 

Lalu kemaslahatan apa saja yang kita dapatkan apabila ridho dan ikhlas diatur dengan hukum syariah ini. Simak ulasannya berikut ini.

Kemaslahatan ialah diperolehnya kemanfaatan, dan hilangnya kerusakan dengan memelihara 8 hal mendasar, meliputi:


1. TERPELIHARANYA AGAMA [hifzh ad-dîn]: Negara menjamin hak beragama tiap rakyatnya, khususnya menjaga aqidah umat Islam dengan menindak tegas kemurtadan dan penistaan Islam.

2. TERPELIHARANYA HARTA [hifzh al-mâl]: Negara menjaga harta semua warganya dan menghukum siapapun yang melanggar hak orang lain dengan hukum potong tangan atau ta’zir.

3. TERPELIHARANYA JIWA [hifzh an-nafs]: Negara menjamin keamanan jiwa tiap warganya. Hukuman terhadap pelanggarnya adalah diyat atau qishash.

4. TERPELIHARANYA AKAL [hifzh al-‘aql]: Negara menjaga akal setiap warganya dengan mengharamkan produksi, konsumsi, dan distribusi segala yang merusak akal seperti khamer, narkoba dan sejenisnya.


5. TERPELIHARANYA KETURUNAN [hifzh an-nasl]: Negara menjaga keturunan tiap warganya dengan mengharamkan zina, sodomi & LGBT, dan memudahkan pernikahan. Jika dilanggar sanksinya bisa berupa dicambuk atau dibunuh.

6. TERPELIHARANYA KEHORMATAN [hifzh al-karâmah]: Negara menjaga kehormatan tiap warganya agar tidak ada tuduhan, kecuali dengan bukti kuat sesuai syariat. Jika terjadi pelanggaran, maka sanksinya berupa had atau ta’zîr.

7. TERPELIHARANYA KEAMANAN [hifzh al-karamah]: Negara menjamin keamanan individu, masyarakat dan negara dari segala bentuk teror, ancaman dan intimidasi, pelakunya akan diberi sanksi yang keras.

8. TERPELIHARANYA NEGARA [hifzh ad-daulah]: Negara menjaga kedaulatan dan stabilitas keamanan dalam negeri dengan mengharamkan pemberontakan dan pemisahan diri dari negara. Pelakunya akan dikenai sanksi yang keras.


#Syariah dan #Khilafah Mewujudkan #IslamRahmatanLilAlamin