Gunung munggut salah satu tempat bersejarah di Pringapus Kab.Semarang Jawatengah.

Gunung Munggut tepatnya berada di Desa Pringsari Kec.Pringapus Kab.Semarang Jawa tengah.Sebuah bukit yang menjadi saksi sejarah perkembangan agama islam di Pringapus dan sekitarnya.Di gunung Munggut inilah Syekh Basyarudin di makamkan,Beliau adalah ulama besar yang berjasa dalam penyebaran agama islam di daerah ini.

Menurut cerita warga setempat beliau adalah seorang pengembara dari Alas turonggo Surakarta Hadiningrat.Syekh Basyaruddin sendiri adalah salah satu dari empat bersaudara ulama yang menyebarkan islam di Pringapus.Tiga saudaranya adalah Syeh Akhmaluddin(Mbah Njenengan),Ahsanuddin dan Thallahuddin.

Pada saat menyebarkan agama Islam mereka berempat berpencar ke berbagai daerah.Syekh Basyaruddin menyebarkan Islam di daerah Pringapus. Syekh Akmaludin menyebarkan Islam di daerah Barat Pringapus, yaitu di Brogo dan dimakamkan pula di Brogo.

Sementara itu, Syekh Ahsanudin menyiarkan agama di daerah Pringapus dan dimakamkan di Ngorolo (Pringapus). Sedangkan Syekh Thalabuddin, menyiarkan Islam di daerah Temanggung dan dimakamkan di desa Sedadi Bengkal Kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung.

Syekh Basyaruddin adalah penyebar ajaran Islam di Pringapus yang diperkirakan hidup pada masa pemerintahan Raden Purwokusuma yang bergelar Pangeran Benowo kira-kira pada akhir abad 18 Masehi.

Pada saat itu Pringapus masih bernama desa Tanjung. Sehingga dikatakan bahwa Pangeran Benowo berperan sebagai Umara’ sedangkan Syekh Basyaruddin sebagai Ulama’. Yang spesial dari Beliau adalah mampu menulis Kitab Blawong, Kitab Blawong sendiri adalah kitab alquran yang sengaja di tulis oleh beliau dengan tangan. Tentu saja banyak rintangan - rintangan dalam menghasilkan maha karya ini. 

Selanjutnya Ketahui kisah menarik tentang Kitab Blawong Selanjutnya

1 comment

Musaero_Indra said...

maaf mas/mbak, itu bukan di SEDADI, tetapi di SURODADI...

Copyright © . Lemahireng Info All Right Reserved - KabarIslam | Berita Panas | Info Cerdas | Viral News | Nasional Hot | Tips Sehat | Updatechno | Breaking .
Powered by Blogger.